Senin, 11 Juni 2012

Buah Naga

Buah naga atau yang dalam bahasa latin disebut dengan hylocereus polyrhizus adalah sejenis buah yang tumbuh dari sejenis tanaman kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Buah naga berasal dari daerah Amerika Tengah, Amerika Selatan dan meksiko kemudian menyebar ke penjuru dunia salah satunya adalah Indonesia. Buah naga banyak di budidayakan di Negara-negara asia seperti Filipina, Vietnam, Taiwan dan alaysia. Selain itu buah naga juga banyak dijumpai di berbagai wilayah seperti Israel, Australia, Okinawa dan Cina. Buah naga dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis, sub tropis bahkan iklim kering. Karena buah naga adalah tumbuhan sejenis kaktus, maka tanaman ini mampu hidup pada cuaca yang agak panas.

Kandungan Buah Naga

Saat ini buah naga telah dikenal ke seluruh dunia karena kandungan buah naga yang sangat baik bagi kesehatan. Buah naga memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas. Buah naga memiliki rasa sedikit manis, tetapi buah ini memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Selai vitamin C, buah naga ternyta juga memiliki kandungan Vitamin B1 dan Vitamin B2 yang mampu meningkatkan metabolism serta nafsu makan. Buah naga juga mengandung berbagai mineral penting seperti potasium, serat, protein, ferum, sodium dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Buah Naga

Dengan kandunganya yang begitu luar biasa, buah nagatentu saja memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh manusia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan yang kompeten dibidangnya, buah naga memiliki khasiat untuk menagnkal radikal bebas karena mengandung zat anti-oksidan. Selain itu buah naga juga mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan metabolisme karena mengandung vitamin B1 dan vitamin B2. Buah naga juga berfungsi untuk menetralkan racun, menangkal kanker serta mengikat logam berat yang berbahaya bagi tubuh kita. Selain itu buah naga juga mampu memperkuat tulang serta gigi karena mengandung kalsium dan fosfor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar